Cara Cek BSU Ketenagakerjaan Sudah Cair Atau Belum

Belakangan ini memang sedang ramai menjadi perbincangan warganet mengenai bagaimana cara cek BSU Ketenagakerjaan sudah cair atau belum. Hal ini karena berkaitan dengan musim bantuan dari pemerintah untuk kalangan yang membutuhkan.

Tersedia berbagai macam jenis bantuan yang bisa kamu dapatkan pada periode tahun 2022. Seperti misalnya bantuan berupa Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan (PKH), dan juga BAntuan Produktif Untuk Usaha Mikro (BPUM).

Bahkan terbaru, kabarnya akan muncul salah satu bantuan yang memang dinantikan masyarakat yaitu BSU Ketenagakerjaan. Namun sebelum mendapatkan bantuan tersebut, pastikan terlebih dahulu kamu merupakan calon kuat sebagai penerima dana BSU.

Kamu bisa mencari tahu terkait syarat atau kriteria calon penerima dana bantuan BSU Ketenagakerjaann. Tak perlu khawatir, karena kami sudah mempersiapkan informasi tersebut untuk kalian semua mengenai syarat penerima dana BSU 2022 berikut ini.

Syarat Penerima Dana Bantuan BSU Dari Pemerintah

Sebelum melakukan pengecekan terkait apakah namamu terdaftar sebagai penerima bantuan BSU atau tidak, mungkin perlu tahu juga syarat penerima. Hal ini untuk lebih memepermudah acuan dalam peneriman dana bantuan BSU dari pemerintah 2022.

Baca Juga:

Merangkum dari beberapa sumber informasi, berikut ini adalah beberapa syarat atau kriteria dari penerima BSU 2022. Simak daftar syarat berikut dan pastikan apakah namamu berpotensi sebagai calon penerima dana bantuan atau tidak.

  • Warga Negara Indonesia
  • Calon penerima bantuan merupakan peserta aktif dari program BPJS Ketenagakerjaan sampai periode bulan Juli 2022.
  • Memiliki gaji atau penghasilan tetap per bulan maksiaml 3,5 juta rupiah.
  • Calon penerima dana bantuan bukanlah dari anggotya TNI, Polri, ataupun ASN.
  • Belum pernah menerima dana bantuan PKH dan juga BPUM.

Nah apabila salah satu persyaratan tersebut tidak terpenuhi, maka pihak Kemnaker tak akan melanjutkan proses pencairan dana BSU. Oleh karenanya, kamu juga tidak akan menerima bantuan BSU yang masuk ke rekening bank milikmu.

Alur Proses BSU Ketenagakerjaan Cair ke Rekening

Perlu kamu tahu bahwa sebelum dana bantuan masuk ke rekening bank milikmu, terdapat beberapa tahapan atau prosesnya. Tahapan yang dimaksud adalah mulai dari pengecekan data calon penerima sampai dengan nantinya dana mas uke rekening masing-masing peserta.

Nah berikut ini urutan proses dari aliran dana BSU Ketenagakerjaan masuk menuju rekening penerima. Tanpa perlu berlama-lama, yuk simak beberapa proses yang dana bantuan BSU yang dikoordinir oleh Kemnaker berikut ini.

  • Kantor BPJS Ketenagakerjaan mengirimkan data calon penerima BSU 2022 ke pihak Kemnaker.
  • Kemudian setelah data tersebut sampai, maka Kemnaker akan melakukan proses pengecekan terlebih dahulu.
  • Jika ternyata pada proses pengecekan terdapat data yang mencurigakan atau salah, maka Kemnaker mengembalikannya ke BPJS Ketenagakerjaan. Namun ketika semua data sudah benar dan sesuai, maka Kemnaker melanjutkan proses berikutnya.
  • Hasil dari proses pengecekan data calon penerima dana bantuan BSU merupakan persetujuan Kuasa Pengguna Anggaran.
  • Setelah semua proses terlewati dengan baik, maka pencairan dana akan langsung menuju ke rekening masing-masing penerima bantuan.

Cara Cek BSU Ketenagakerjaan Sudah Cair Atau Belum

Nah apabila kamu penasaran dan ingin coba cek apakah namamu terdaftar sebagai penerima BSU atau tidak, maka bisa ikuti langkah berikut ini. Karena nantinya kami akan menyediakan bagaimana cara cek BSU Ketenagakerjaan sudah cair atau belum melalui situs resmi.

Pastikan kamu mengikuti langkah yang kami berikan secara berutuan agar proses pengecekan berjalan dengan lancar.

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuka browser pada perangkat ponsel.
  • Setelah browser terbuka, langsung saja untuk mengunjunsi situs resmi https://bsu.ketenagakerjaan.go.id.
  • Scroll layar ponsel menuju kea rah bawah sampai kamu menemukan opsi menu “Cek Apakah Kamu Termasuk Calon Penerima BSU?”.
  • Namun sebelum melakukan pengecekan tersebut, pastikan juga bahwa kamu sudah memiliki akun. Apabila belu memiliki akun dapat melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memasukkan NIK, nama lengkap, dan data lain yang dibutuhkan.
  • Berikutnya setelah berhasil mengisikan data, kamu harus mengaktivasi akun menggunakan kode OTP yang terkirim melalui alamat email terdaftar.
  • Ketika sudah berhasil mengaktivasi akun, itu artinya kamu sudah bisa login akun dan melakukan pengecekan data penerima BSU.
  • Nantinya ketika namamu terdaftar sebagai penerima BSU akan muncul tanda centang hijau pada layar ponsel. Namun jika ternyata namamu tidak terdaftar, maka muncul kalimat permohonn maaf karena tidak sesuai dengan Permenaker Nomor 10 Tahun 2022.

Baca Juga : 

Akhir Kata

Nah itulah tadi bagaimana cara cek BSU Ketenagakerjaan sudah cair atau belum menuju rekening milikmu. Sejatinya sebelum melakukan pengecekan, pastikan bahwa kamu sudah memiliki akun dan memenuhi syarat kriteria yang berlaku.

Karena ketika kamu tidak sesuai dengan persyaratan calon penerima dana bantuan BSU, maka mustahil untuk mendapatkannya. Semoga ketika melakukan pengecekan, namamu termasuk dalam daftar penerima bantuan BSU 2022 dari Kemnaker.

Tinggalkan komentar