Tanpa Coding, Inilah Cara Membuat Bot Telegram Mudah

Cara membuat bot Telegram menjadi topik perbincangan hangat yang saat ini sebagian orang ingin mengetahuinya. Telegram menjadi salah satu aplikasi chatting populer yang mampu mempermudah orang dalam berinteraksi dengan sesama. Aplikasi ini menjadi kian terkenal karena memiliki beragam fitur menarik yang bermanfaat bagi pengguna.

Pada Telegram, kamu bisa membuat suatu grup dengan jumlah anggota yang lebih banyak hingga mencapai ribuan. Dalam grup tersebut, setiap anggota dapat saling berinteraksi dan berbagi informasi terkait suatu hal yang sedang menjadi tren atau viral.

Selain itu, Telegram menyediakan fitur channel yang dapat berisikan anggota sesuai dengan topik atau bahasan tertentu channel tersebut. Pada channel ini, kamu berkesempatan untuk melakukan pembahasan yang sama sesuai dengan nama channel yang tertera.

Seperti channel suatu film atau web series tertentu, sebut saja contohnya “Layangan Putus”. Dalam channel tersebut kamu bisa download Layangan Putus yang tersedia full dari episode awal hingga akhir. Banyak sekali channel film atau apapun itu yang bisa kamu temukan melalui aplikasi chatting yang satu ini.

Mengenal Istilah Salah Satu Fitur Menarik Telegram

Telegram juga memiliki fitur canggih untuk dapat semakin memudahkan pengguna dalam menyampaikan informasi atau berkomunikasi. Sebut saja fitur canggih itu adalah bot atau robot Telegram. Bot ini berfungsi sebagai aplikasi tambahan yang melakukan pekerjaan secara otomatis pada si Telegram.

Baca Juga:

Secara sederhananya, bot ini hampir sama dengan user biasa namun tidak memiliki nomor telepon. Kinerja bot bisa kamu manfaatkan dengan menyuruhnya melakukan suatu hal sesuai dengan ketentuan yang sudah admin bot buat.

Untuk melakukan perintah kepada bot, kamu harus mengikuti format sesuai dengan ketentuan. Seperti misalkan menuliskan kata atau kode tertentu terlebih dahulu sebelum melakukan perintah. Jika format yang kamu tulisakan benar, bot tersebut akan merespon dan bisa saling berinteraksi denganmu.

Fungsi Penggunaan Bot Telegram

Tersedianya fitur canggih berupa bot Telegram ini dapat membantu pengguna melakukan chatting atau informasi penting yang mereka butuhkan. Pengguna dapat dengan mudah dan tidak perlu melakukan scroll satu per satu terkait informasi yang sedang mereka cari.

Sebelum menggunakan bot, tentu terlebih dahulu kamu harus mengatur atau melakukan settingan agar kinerjanya maksimal. Nah, sebenarnya bagaimana cara membuat bot Telegram dan apa fungsinya? Untuk lebih jelasnya, langsung simak beberapa fungsi dari bot Telegram yang Reviewasik.com sampaikan berikut ini.

  • Fungsi pertama dari Bot Telegram adalah mampu memberikan notifikasi khusus dan berita bagi para penggunanya. Dengan adanya bot, pengguna bisa secara mudah mendapatkan suatu informasi, berita, atau artikel yang sedang mereka butuhkan.
  • Pengguna bisa mendapatkan konten dari berbagai platform karena sistem bot yang mampu mengintegrasikan layanan lainnya. Saat ini terdapat beberapa bot yang terintegrasi dengan platform lain, seperti Gmail Bot, Youtube Bot, dan Music Bot.
  • Bagi pengguna yang sering belanja atau melakukan transaksi online, fitur canggih ini hadir menjadi solusi paling tepat. Bagaimana tidak, fitur canggih ini bisa melakukan atau menangani metode pembayaran secara virtual. Sehingga belanja online pun menjadi terasa semakin mudah dengan hadirnya bot Telegram.
  • Nah, lebih hebatnya lagi dengan fitur ini kamu bisa membuat suatu game sederhana nan menakjubkan. Pengguna dapat memanfaatkan fitur Game Bot untuk membuat berbagai game unik yang bisa kamu mainkan bersama teman.
  • Bot pada Telegram juga memberikan kemudahan pengguna untuk membuat tool sederhana. Pembuatan toll tersebut dapat berguna seperti melakukan sapaan “selamat pagi”, sebagai translator, maupun kebutuhan lainnya.

Cara membuat Bot Telegram Menggunakan BotFather

  • Sebelum membuat bot, terlebih dahulu kamu tuliskan “BotFather” pada kolom pencarian yang tersedia.
  • Setelah menemukannya, langsung saja klik start untuk mulai bot canggih dari Telegram.
  • Untuk membuat bot yang baru, maka kamu tinggal menuliskan saja “/newbot”.
  • Pada tahapan ini, kamu perlu menuliskan nama bot sesuai dengan keinginanmu. Pastikan nama bot memiliki unsur yang unik sehingga memiliki daya tarik tersendiri ketika kamu gunakan.
  • Selanjutnya adalah membuat username untuk nama bot yang sudah kamu isikan tadi. Setiap username wajib menggunakan kata “bot” pada akhirannya, contoh reviewasikBot atau reviewasik_bot.

Pada tahapan yang terakhir ini kamu sudah selesai membuat bot dan nantinya akan mendapatkan API token. Fungsi dari token tersebut adalah untuk mengakses API yang tersedia pada Telegram.

Demikian tadi ulasan menarik mengenai cara membuat bot Telegram dan apa fungsi yang sebenarnya. Semoga dengan adanya fitur tersebut dapat memudahkanmu untuk berinteraksi dan memanfaatkan fitur canggih Telegram dengan bijak.

Tinggalkan komentar