Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung Tanpa Apk

Reviewasik.com – Seiring berkembangnya teknologi, saat ini merk HP sudahlah cukup banyak beredar. Berbagai merk tersebut bersaing untuk menjadi yang terdepan dengan meningkatkan kecanggihan fitur HP, terlebih Samsung. Salah satunya adalah melakukan penguncian aplikasi, sehingga sebagian orang banyak yang ingin tahu bagaimana cara mengunci aplikasi di HP Samsung.

Melakukan penguncian pada aplikasi HP, tentu menjadi bagian yang sangat penting untuk kamu lakukan. Hal ini untuk meningkatkan keamanan privasi HP milikmu, agar tidak sembarang orang dapat membukanya.

Terlebih aplikasi yang berguna untuk menyimpan file penting dan juga media sosial, seperti misalnya Whatsapp. Kadang pesan yang masuk pada Whatsapp merupakan suatu privasi dan orang lain tidak perlu untuk mengetahuinya. Dengan demikian, aplikasi-aplikasi tersebut sebaiknya kamu password agar privasi lebih terjamin.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung dengan Mudah

Khusus untuk pengguna HP Samsung, terdapat cara mudah agar kamu bisa mengunci aplikasi yang ada dengan sangat mudah. Cara ini tentu wajib banget buat kamu ketahui, untuk meningkatkan keamanan dan privasi HP milikmu. Kamu bisa melakukan penguncian dengan memanfaatkan fitur bawaan HP ataupun menggunakan aplikasi tambahan berikut ini.

Cara Mengunci Aplikasi HP Samsung Menggunakan Fitur Bawaan

Melakukan penguncian aplikasi HP pribadi merupakan hal yang terasa begitu penting. Terlebih jika mungkin ada teman yang sering meminjam HP milikmu itu. Kamu bisa memanfaatkan kecanggihan Samsung dengan fitur bawaan untuk mengunci aplikasi yang tersedia.

Baca Juga:

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa menentukan aplikasi mana saja yang nantinya akan terkunci secara otomatis. Tanpa perlu menunggu lama, simak ulasan cara mengunci aplikasi di HP Samsung dengan fitur bawaan siapkan berikut ini.

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah masuk pada menu settings atau pengaturan HP Samsung milikmu.
  • Selanjutnya, carilah tulisan “Lock Screen and Security”, klik pada bagian tersebut.
  • Jika sudah, maka kamu akan masuk ke tampilan other security settings, dan pilihlah menu tersebut.
  • Kemudian kamu perlu memilih Pin Windows yang muncul pada layar HP milikmu. Sampai tahapan ini, pastikan untuk mengaktifkan fungsi kunci aplikasi pada tampilan yang tersedia.
  • Agar lebih memudahkan penggunanya, kamu bisa menentukan password sesuai keinginan. Pilihan yang tersedia adalah berupa bentuk pola atau pin angka.
  • Setelah selesai menentukan password tadi, langkah berikutnya yaitu memilih Notification Settings yang muncul pada layar HP.
  • Nah, sampai sini tinggal klik tulisan “Done” dan menentukan aplikasi apa saja yang akan kamu kunci.
  • Setelah aplikasi terpilih, maka kamu perlu klik pada bagian Recent Applications Key. Jika sudah, nantinya akan muncul ikon berwarna pink.
  • Klik ikon pink yang muncul tersebut dan pilih “Start” untuk dapat mulai mengaktifkannya.
  • Jika aktif, aplikasi yang sudah terpilih sebelumnya akan muncul pada layar. Dengan aktifnya fungsi tersebut, maka pengguna tidak akan lagi bisa membuka aplikasi lainnya.
  • Untuk mencobanya, pengguna bisa memasukkan kode pin yang sudah terbuat sebelumnya. Cara ini terbilang berhasil, apabila aplikasi dapat tersembunyi dan mengunci secara otomatis.

 Menggunakan App Lock

Selain memanfaatkan fitur bawaan yang tersedia pada HP Samsung, kamu juga bisa menambahkan aplikasi pengunci. Dengan aplikasi tersebut, tentu keamanan dan privasi HP milikmu akan menjadi semakin kuat. Sehingga tidak sembarang orang bisa membuka aplikasi tanpa seizin pemiliknya.

Aplikasi pengunci bisa kamu download melalui Play Store secara gratis. Terdapat beberapa aplikasi pengunci yang bermanfaat untuk kepentingan keamanan HP. Namun, berikut ini ada salah satu aplikasi paling recommended dan cara pemakaiannya bagi pengguna Samsung, yaitu App Lock.

  • Pertama yang perlu kamu lakukan tentunya dengan download aplikasi App Lock melalui Play Store.
  • Kemudian jika sudah terdownload, maka bukalah aplikasi tersebut hingga muncul notifikasi yang tertera pada layar HP Samsung milikmu.
  • Setelah notifikasi itu muncul, langsung saja untuk membuka pola keamanan sesuai dengan keinginanmu. Semakin susah polanya, maka kemungkinan orang lain dapat membukanya pun akan semakin mustahil.
  • Jika pola keamanan sudah terbuat, kamu perlu melakukan konfirmasi terlebih dahulu agar bisa terpakai untuk mengunci aplikasi.
  • Untuk meningkatkan keamanan, pengguna harus memasukkan email tambahan dan klik pada tulisan “Save”.
  • Kemudian tahapan berikutnya yaitu menentukan aplikasi apa saja yang nantinya bisa terkunci secara otomatis menggunakan pola keamanan.
  • Jika semua tahapan sudah selesai, maka kamu sudah bisa memanfaatkan penguncian aplikasi dengan App Lock tersebut.

Itulah tadi beberapa cara mengunci aplikasi di HP Samsung yang bermanfaat untuk menjaga privasi dan keamanan. Aplikasi tambahan bisa menjadi alternatif, jika memang fitur pengaman bawaan tidak mampu berjalan dengan maksimal.

Tinggalkan komentar