Email Dalam Antrean Kenapa? Ternyata Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Mengirim pesan melalui email mungkin sering banget dilakukan oleh mahasiswa atau karyawan kantor. Dengan rutinitas yang terbilang sering, mereka pastinya pernah mengalami kendala tertentu seperti misalnya email dalam antrean kenapa?

Ketika email berada dalam antrean, tentu saja pesan yang kamu kirimkan tak kunjung terkirim dan menunggu beberapa waktu terlebih dahulu. Terjadinya email yang masuk dalam antrean mungkin karena pengaruh dari beberapa faktor.

Banyak kalangan yang masih belum tahu faktor penyebab dari pesan email masuk pada kolom antrean. Mungkin mereka hanya beranggapan saja bahwa adanya kendala terkait koneksi internet yang kurang stabil atau memang sedang eror sistem.

Padahal terdapat hal lain yang bisa menyebabkan email tak terkirim, masuk ke draft, atau juga berada pada daftar antrean. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan bahasan menarik mengenai faktor penyebab email yang masuk ke dalam antrean dan tak terkirim.

Namun sebelum membahas lebih lanjut, kamu juga bisa membaca artikel menarik lainnya dari kami mengenai cara mengeluarkan email pada HP Vivo dengan mudah. Nantinya artikel tersebut akan membahas setiap cara mudah agar email dapat segera logout dari perangkat Android, khususnya Vivo.

Baca Juga:

Faktor Penyebab Email Dalam Antrean Kenapa?

Mungkin kalian pernah atau bahkan sering mengirim email ke pihak tertentu yang sifatnya resmi dan sangatlah penting. Karena bersifat penting, maka sesegera mungkin email harus terkirim ke alamat penerima agar segera terbaca.

Namun terkadang ekspektasi tak seindah dengan realita yang ada, dalam hal ini email tak kunjung terkirim dan justru masuk ke daftar antrean. Nah, sebenarnya pertanyaan terkait email dalam antrean kenapa ini cukup wajar bagi kalangan tertentu.

Banyak orang yang pernah merasakan hal serupa, yang mana email tak kunjung terkirim dan masuk ke daftar antrean. Berikut ini, kami akan memberikan informasi terkait faktor yang dapat menyebabkan email masuk ke daftar antrean.

1. Koneksi Jaringan Internet Kurang Stabil

Faktor penyebab pertama yang menyebabkan email masuk ke daftar antrean adalah karena koneksi internet tak stabil. Sebenarnya email dan media sosial seperti Whatsapp itu memiliki konsep yang sama ketika gagal dalam mengirimkan pesan.

Nantinya pengguna akan mendapatkan tanda atau notifikasi berbeda ketika pesan yang ditulis belum berhasil terkirim. Whatsapp akan memberi tanda atau ikon jam pada pesan tersebut, sedangkan email nantinya akan masuk ke dalam daftar antrean.

Kamu bisa mengetahui email sudah terkirim atau belum dengan memperhatikan folder yang tersedia. Apabila email masuk dalam daftar antrean, itu artinya belum berhasil terkirim dan perlu menunggu beberapa saat kemudian agar terkirim.

2. Alamat Email Penerima Salah

Selain koneksi internet yang tidak stabil, kemungkinan berikutnya adalah alamat email penerima salah. Kamu bisa saja menuliskan alamat email yang salah karena kurang menginputkan satu huruf, angka, atau simbol lainnya.

Pada proses input email penerima, pastikan semuanya sudah tertulis dengan lengkap dan benar agar pesan dapat segera terkirim. Karena ketika salah satu huruf saja, mungkin akan menyebabkan email masuk dalam daftar antri atau bahkan terkirim ke penerima lainnya.

3. Ukuran Email Yang Terlalu Besar

Hal semacam ini mungkin sering dialami oleh para pencari kerja atau karyawan kantor dalam mengirimkan sejumlah file melalui email. Umumnya mereka melampirkan file secara bersamaa dalam jumlah yang banyak dan cukup besar.

Dengan demikian, pastinya email akan lebih berat dan susah dalam mengirimkan ke alamat penerima karena terbebani oleh besarnya file. Apabila memang mengirimkan file dalam jumlah yang banyak dan besar, maka kamu bisa cek lagi pada kolom terkirim untuk memastikan status pengiriman.

4. Permasalahan Server

Faktor terakhir yang bisa saja menyebabkan pesan email tak terkirim adalah karena adanya permasalahan server. Permasalahan semacam ini lebih sering dialami bagi seseorang yang menggunakan email bisnis untuk kantor atau perusahaan tertentu.

Apabila memang email sedang bermasalah karena server, tentunya kamu harus menunggu beberapa saat hingga semua kembali normal. Server mengalami down atau permasalahan tertentu mungkin karena sedang perbaikan sistem.

Solusi Agar Email Tidak Masuk Dalam Daftar Antrean

Setelah mengetahui beberapa permasalahan yang menyebabkan email masuk dalam daftar antrean, pastinya kamu ingin tahu bagaimana cara mengatasinya. Karena sejatinya, setiap permasalahan pasti ada solusi atau jalan keluarnya.

Sama halnya dengan email tak terkirim, kamu bisa mengatasinya dengan memperhatikan beberapa faktor berikut ini. Pertama, jika memang electronic mail masuk daftar antrean karena faktor koneksi, pastikan lagi bahwa jaringan internet sekitarmu cukup memadai dan stabil.

Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap proses pengiriman email menuju alamat penerima. Setelah koneksi internet stabil dan aman, kamu juga harus memperhatikan lagi tulisan dari alamat email penerima pesan.

Jangan sampai ada salah satu huruf, angka, atau simbol terntentu yang belum tertulis. Karena jika salah penulisan satu huruf saja, bukan tidak mungkin kalau email yang kamu kirim masuk dalam daftar antrean selamanya.

Selain itu, ketika kamu mengirimkan lampiran file melalui email pastikan bahwa ukurannya tak terlalu besar. File yang terlalu besar akan menyebabkan email tertunda dan menjadi lama pada saat proses pengiriman.

Apabila memang ingin melampirkan file dalam ukuran besar, maka solusinya adalah dengan membaginya menjadi beberapa kiriman email. Pengiriman bisa dilakukan dengan cara membaginya kedalam beberapa tahap dan tentu setiap tahapan memiliki lampiran file yang tak terlalu besar.

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan kepada para pembaca terkait email dalam antrean kenapa dan bagaimana solusi untuk mengatasinya. Semoga informasi yang kami berikan tadi bisa membantu menjawab rasa penasaran kalian, terkait email yang tak kunjung terkirim.

Tinggalkan komentar