Kenapa Bendera Merah Putih Diturunkan Sore Hari? Inilah Alasannya

Upacara pengibaran bendera yang terselenggara pada tanggal 17 Agustus pasti akan terasa berbeda dari pada hari biasanya. Namun apakah kalian pernah bertanya terkait kenapa bendera Merah Putih diturunkan sore hari dan tetap ada upacara?

Pertanyaan semacam ini mungkin sering terbesit pada benak pemuda atau kalangan milenial yang rasa penasarannya tinggi. Karena sejatinya, selain upacara pengibaran bendera pagi hari, terdapat juga upacara penurunan bendera Merah Putih sore hari.

Setelah berkibar dalam kurun waktu hampir sehari, bendera nantinya akan ada prosesi penurunan yang sama seperti saat upacara pengibaran bendera. Terdapat pasukan pengibar bendera yang bertugas untuk melaksanakan proses penurunan sang Merah Putih.

Nah bagi kalian yang penasaran kenapa harus ada prosesi penurunan bendera, bisa menemukan jawabannya pada artikel ini. Kami akan memberikan informasi mengenai alasan sang Merah Putih pada saat 17 Agustus harus kembali turun sore harinya.

Kenapa Bendera Merah Putih Diturunkan Sore Hari?

Bagi kalian yang merasa penasaran mengapa terdapat upacara penurunan bendera, tak perlu khawatir karena akan segera menemukan jawabannya. Berikut ini alasan kenapa bendera Merah Putih diturunkan sore hari dan terdapat prosesi upacara penurunan bendera.

Baca Juga:

Menghormati Bendera Merah Putih

Faktor pertama yang menjadi pertimbangan penurunan bendera pada sore hari adalah karena menghormati dan melindungi sang Merah Putih. Bendera tersebut merupakan bagian dari pusaka negara, yang wajib terjaga dan terlindungi dari berbagai hal.

Salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk menjaga bendera adalah dengan menurunkannya ketika sudah memasuki waktu sore hari. Bahkan secara resmi aturan terkait penurunan bendera pusaka juga telah tertulis pada UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan, Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Pada pasal tersebut telah mengatur tentang pengibaran dan penurunan bendera berlangsung sejak terbit hingga terbenam matahari. Namun apabila memang dalam keadaan atau kondisi tertentu, proses pengibaran bendera dapat berlangsung pada malam hari.

Melindungi Bendera Agar Tetap Bersih

Selain untuk mencintai dan menghormati Merah Putih, upacara penurunan bendera penting sebagai bentuk perlindungan pusaka negara. Setelah selesai berkibar seharian, bendera harus kembali tersimpan rapi pada tempat yang tersedia agar tetap bersih.

Kondisi bendera yang bersih juga akan membuat lebih awet dan tidak cepat rusak untuk kemudian nantinya terpakai pada tahun berikutnya. Dengan demikian, sang Merah Putih selalu terlihat gagah berkat kibaran yang sempurna dan terjaga kebersihannya.

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang dapat admin review asik sampaikan mengenai alasan kenapa bendera Merah Putih diturunkan sore hari dan terdapat upacara ceremony seperti saat pengibaran. Sejatinya memang pusaka negara tersebut harus selalu terjaga dan terlindungi dari segala macam bahaya yang bisa menimbulkan kerusakan.

Oleh karenanya, sebagai penerus bangsa juga wajib ikut serta merawat dan menghormati keberadaan dari sang Merah Putih. Tunjukkan bahwa berbagai lapisan masyarakat turut serta dalam mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif dan menjunjung tinggi rasa cinta tanah air Indonesia.

Tinggalkan komentar