6+ Penyebab Kenapa Kode Verifikasi Tidak Muncul di SMS

Mungkin sebagian dari kalian pernah berpikir terkait faktor penyebab kenapa kode verifikasi tidak muncul di SMS? Hal ini sering kali terjadi ketika kita sedang melakukan proses pendaftaran akun baru pada suatu aplikasi tertentu.

Ketika melakukan pendaftaran akun baru, pastinya pihak aplikasi memberikan kode verifikasi berupa angka unik ke nomor ponsel atau email. Namun pada nyatanya, tidak selalu kode verifikasi tersebut muncul pada SMS atau email yang kita daftarkan.

Gagalnya kode verifikasi muncul ke SMS, tentunya membuat proses pendaftaran akun baru menjadi bermasalah atau terkendala. Nah sebenarnya terdapat beberapa faktor penyebab dari gagalnya kode verifikasi aplikasi masuk ke email atau nomor ponsel milikmu.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai faktor yang menyebabkan kode verifikasi gagal muncul. Selain itu, kami juga bakal memberikan tips atau cara mengatasi paling ampuh ketika kamu mengalami permasalahan registrasi karena kode verifikasi.

Faktor Penyebab Kenapa Kode Verifikasi Tidak Muncul di SMS

Ketika mengalami permasalahan dalam mendaftarkan akun baru pada suatu aplikasi seperti misalnya Michat tidak bisa verifikasi, tentu ini menjadi hal yang wajar. Karena pada dasarnya, dalam beberapa kasus tertentu terdapat kalangan yang kesusahan registrasi akun baru.

Baca Juga:

Gagalnya registrasi akun baru ini salah satunya adalah karena kode verifikasi yang tak kunjung muncul ke SMS atau email terdaftar. Lalu sebenarnya kenapa kode verifikasi tidak muncul di SMS padahal nomor yang kamu daftarkan sudah benar dan masih aktif.

Nah berikut ini beberapa faktor penyebab ketika kode verifikasi tak kunjung muncul dan menghambat proses registrasi akun baru. Selain faktor penyebab, kamu juga akan menemukan solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan registrasi akun karena terhambat oleh kode verifikasi berikut ini.

1. Email Atau Nomor HP Yang Dimasukan Salah

Faktor penyebab kemungkinan yang pertama gagal munculnya kode verifikasi adalah karena nomor HP atau email terdaftar salah. Mungkin saja ketika melakukan penginputan data alamat email atau nomor HP, kamu salah dalam menuliskannya.

Pihak operator aplikasi nantinya akan mengirimkan kode verifikasi tersebut ke nomor HP atau alamat email sesuai yang kamu daftarkan. Sehingga ketika kamu salah menginputkan satu huruf atau angka saja, bisa saja kode tersebut tak akan segera muncul.

Oleh karenanya, pastikan lagi dalam melakukan penginputan alamat email maupun nomor HP sudah sesuai dan benar. Pastikan juga bahwa alamat email serta nomor HP yang kamu daftarkan tersebut masih aktif, sehingga bisa menerima kode OTP dari sistem.

2. Tidak Menggunaan Kode +62

Tidak munculnya kode verifikasi atau kode OTP, bisa jadi karena pada saat proses input nomor HP lupa menggunakan +62. Kode ini sangatlah penting, mengingat sebagai kode area atau wilayah negara Indonesia.

Pada saat registrasi akun baru, mungkin beberapa kalangan pernah mengalami hal serupa. Seringnya kita menggunakan awalan angka 0 pada saat menginputkan nomor HP. Nah jika memang mengalami permasalahan seperti ini, mungkin kamu bisa mengganti awalan angka 0 dengan kode +62.

Memang dalam beberapa momen, penggantian awalan angka 0 menjadi +62 sangat ampuh mengatasi gagalnya registrasi akun baru karena kode OTP. Dengan demikian, kamu juga bisa mencobanya pada saat registrasi akun baru menggunakan kode +62.

3. Masuk ke Folder Spam

Apabila memang saat proses penginputan email sudah benar dan sesuai dengan aslinya, mungkin kamu perlu cek ke emailmu sekarang juga. Mungkin saja kode verifikasi atau OTP yang dikirimkan dari pihak aplikasi masuk dalam kategori folder spam.

Ketika pesan yang masuk menuju folder spam, maka memang tidak akan mungkin ada notifikasi pada layar ponsel milikmu. Oleh karenanya, kamu bisa segera cek email terdaftar mulai dari bagian inbox, spam, pesan berbintang, dan semua kategori pesan.

Dengan demikian, kamu akan mengetahui apakah kode verifikasi sudah terkirim ke alamat emailmu atau belum. Jika memang sudah terkirim ke folder spam, maka segeralah masukkan kode tersebut untuk melanjutkan proses registrasi akun baru.

4. Tanggal HP Tidak Tepat

Ketika beberapa poin tadi sudah kamu cek dan ternyata tidak ada permasalahan, mungkin cobalah cek faktor lainnya. Bisa jadi pengaturan waktu yang terdapat pada perangkat ponsel milikmu berbeda dan tidak sesuai dengan real time.

Apabila memang belum sesuai, kemungkinan besar kode verifikasi tak kunjung muncul adalah karena waktu pada ponsel tidak sesuai dengan aslinya. Segeralah untuk merubah waktu tersebut melalui pengaturan bawaan yang ada pada ponsel.

Kemungkinan besar ketika nantinya setting waktu ponsel sudah sesuai real time, maka kode verifikasi muncul melalui SMS ke nomor milikmu. Dengan demikian, proses registrasi akun baru menjadi lancar dan bisa lanjut ke tahapan berikutnya.

5. Kartu SIM Eror

Kenapa kode verifikasi tidak muncul di SMS yang berikutnya mungkin karena kartu SIM sedang eror atau mengalami gangguan. Cobalah untuk melakukan pengecekan apakah kartu SIM yang kamu pakai itu sedang eror atau tidak.

Cara melihatnya adalah dengan mengamati pergerakan sinyal pada bagian bar di atas tampilan layar ponsel. Apabila tidak tersedia sinyal sama sekali pada bar tersebut, berarti kartu SIM memang sedang mengalami gangguan.

Solusinya adalah kamu bisa berpindah ke lokasi yang sinyalnya lebih kuat dari pada lokasimu saat itu. Kemudian jika memungkinkan, lakukan restart ponsel untuk kembali merefresh performa aplikasi serta penguatan sinyal dan nantinya kode OTP segera terkirim melalui SMS.

6. Internal Memori Penuh

Kemungkinan berikutnya yang bisa saja menyebabkan kode verifikasi tak kunjung muncul adalah internal memori perangkat penuh. Hal ini bisa terjadi karena kotak masuk atau SMS tidak kamu hapus padahal jumlahnya cukup banyak dan sangat menumpuk.

Meskipun pada dasarnya SMS yang masuk ke perangkat ponsel ukurannya sangat kecil untuk satu pesannya, namun jika sudah banyak dan menumpuk tentu bisa menghabiskan memori. Solusinya adalah pilih beberapa pesan yang menurutmu tidak penting, kemudian hapuslah satu per satu untuk memberikan ketersediaan ruang internal memori.

Dengan demikian, kode verifikasi yang terkirim melalui SMS akan segera muncul ketika kamu mengulangi proses registrasi. Tunggulah beberapa saat hingga operator sistem kembali mengirimkan kode verifikasi tersebut.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa faktor penyebab kenapa kode verifikasi tidak muncul di SMS. Ketika kamu mengalami permasalahan yang sama pada saat registrasi akun baru, maka bisa cek poin-poin di atas dan solusi tepat untuk mengatasinya sesuai yang sudah kami berikan tadi.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk para pembaca, khususnya yang sedang mengalami permasalahan gagal registrasi karena kode verifikasi. Nantikan informasi menarik lainnya seputar teknologi dan hal viral, dengan selalu mengunjungi website kami.

Tinggalkan komentar