Kenapa Telpon WA Sering Mati Sendiri, Lengkap Dengan Solusi Ampuh Mengatasinya!

Pengguna Whatsapp apakah sering mengalami gagal telpon atau mungkin sering mati sendiri ketika berada dalam suatu panggilan? Apabila sering mengalami hal ini, tentu akan muncul pertanyaan terkait kenapa telpon WA sering mati sendiri?

Padahal kamu masih memiliki kuota data internet yang cukup dan jaringan pun terbilang sangat bagus. Namun mengapa saat menelepon seseorang, terkadang tiba-tiba mati sendiri tanpa sebab yang jelas? Nah kamu perlu tahu faktor yang menyebabkan permasalahan itu dapat terjadi.

Tak perlu khawatir, karena dalam artikel ini nantinya akan membahas mengenai faktor apa saja yang menyebabkan telpon WA mati. Selain itu, kami juga akan memberikan informasi terkait cara mengatasi agar Whatsapp milikmu selalu lancar ketika melakukan panggilan.

Apabila kamu memiliki permasalahan yang berkaitan dengan Whatsapp, dapat menemukan tips atau solusinya melalui website kami. Salah satu tips yang kami berikan adalah mengenai penyebab WA ceklis 2 memanggil dan bagaimana cara mengatasinya dengan mudah.

Temukan cara yang dapat kamu lakukan dalam mengatasi permasalahan panggilan pada aplikasi Whatsapp. Sehingga dengan membaca sajian artikel dari kami, kedepannya kamu tidak akan lagi mengalami permasalahan yang sama.

Baca Juga:

Faktor Penyebab Kenapa Telpon WA Sering Mati Sendiri

Pastinya sebelum menangani suatu permasalahan, kamu harus tahu dulu faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Seperti pada pembahasan kali ini yang nantinya akan menyajikan informasi mengenai kenapa telpon WA sering mati sendiri.

Karena sejatinya terdapat beberapa hal yang mampu menyebabkan panggilan Whatsapp bermasalah. Sehingga seolah-olah ketika kamu sedang melakukan panggilan bersama seseorang, kemudian panggilan tersebut mati dengan sendirinya.

Oleh karena itu, kamu harus mengenali hal-hal yang sekiranya membuat panggilan WA menjadi eror atau mati sendiri. Inilah beberapa faktor yang dapat kamu pelajari sehingga lain kali tak perlu panik dan bingung ketika mengalaminya.

1. Menghubungkan Terus Menerus

Kemungkinan pertama adalah terjadi panggilan dengan status “menghubungkan” yang memang tak kunjung berganti status menjadi berdering. Hal ini bisa saja terjadi karena koneksi penerima panggilan atau yang menelepon sedang tidak stabil.

Atau mungkin saja salah satunya tidak sengaja mematikan fitur data internet yang menyebabkan gangguan panggilan terjadi. Oleh karenanya, lakukan pengecekan dengan cara melihat koneksi internet atau fitur kuota data pada bar menu ponsel.

2. Koneksi Internet

Nah yang kedua tentunya sering banget dialami oleh pengguna Whatsapp, karena mungkin koneksi internet tidak stabil. Dengan koneksi internet yang tidak stabil, secara otomatis panggilan akan mengalami kendala.

Awal gejala koneksi internet sekitar kurang stabil adalah status panggilan berubah menjadi “menghubungkan ulang”. Kemudian jika dalam beberapa waktu koneksi tak kunjung membaik, maka bisa saja berujung pada penutupan panggilan secara otomatis.

3. Sedang Berada Pada Panggilan Lain

Apabila kedua penyebab tadi sudah kamu cek dan ternyata hasilnya nihil, bisa jadi karena adanya faktor lain. Mungkin saja orang yang sedang telpon bersamamu itu mematikannya dengan sengaja karena kepentingan tertentu.

Sehingga ketika kamu coba melakukan panggilan ulang, nantinya status panggilan akan menampilkan tulisan “pengguna berada di panggilan lain”. Untuk dapat terhubung lagi dengannya, maka kamu harus menunggu beberapa saat sampai ia selesai menelepon ke pengguna lain.

Cara Mengatasi Agar Whatsapp Lancar Saat Melakukan Panggilan

Setelah mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan mengapa telpon WA sering mati sendiri, pastinya kamu butuh solusi mengatasinya. Tak perlu khawatir, karena admin akan bagikan informasi seputar cara mengatasi Whatsapp agar lancar saat melakukan panggilan.

1. Pastikan Koneksi Jaringan Stabil

Hal pertama yang penting banget buat kamu perhatikan adalah terkait koneksi internet sekitar. Pastikan bahwa koneksi internet wilayah sekitarmu memang cukup stabil untuk melakukan panggilan suara maupun panggilan video.

Dengan koneksi yang stabil, panggilan melalui aplikasi Whatsapp pun akan berjalan dengan lancar tanpa kendala berarti. Kamu juga lebih enak membicarakan hal penting atau so sweet bersama pacar tanpa khawatir tiba-tiba panggilan mati dengan sendirinya.

2. Cek Izin Aplikasi Whatsapp

Kemudian jika terjadi permasalahan panggilan yang menyebabkan status berubah menjadi “menghubungkan ulang” atau mati sendiri, perlu cek bagian izin aplikasi. Biasanya ponsel terbaru akan memberlakukan perizinan aplikasi ketika menginstall ulang, karena sebagai upaya melindungi pemilik ponsel.

Kamu dapat merubah pengaturan menjadi izinkan aplikasi pada menu setting bawaan ponsel. Dengan mengaktifkan perizinan aplikasi Whatsapp, maka kemungkinan besar panggilan suara maupun video pakai WA dijamin lancar lagi.

3. Nomor Tujuan Benar

Selain kedua cara tadi, mungkin kamu juga harus melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah nomor tujuan panggilan sudah benar. Karena jika sampai salah satu angka saja, tidak mungkin sampai ke penerima panggilan.

Bisa saja yang menerima adalah orang lain dan kamu sama sekali tidak mengenalinya. Oleh karena itu, lakukan pengecekan lagi lebih detail terkait nomor kontak yang akan kamu ajak untuk melakukan panggilan.

4. Pastikan Bahwa Nomormu Tidak Diblokir

Hal terakhir yang dapat kamu perhatikan agar tidak terjadi permasalahan dalam panggilan WA adalah pemblokiran akun. Pastikan lagi bahwa akun WA milikmu tidak diblokir oleh si penerima panggilan.

Cara cek apakah WA milikmu terblokir atau tidak yaitu dengan melakukan tes chat pribadi. Apabila chat yang kamu kirimkan tersebut ada tanda centang dua, berarti masih aman. Namun jika ternyata terdapat tanda centang satu yang tak kunjung terkirim, maka bisa jadi nomormu diblokir.

Akhir Kata

Demikianlah tadi informasi menarik yang dapat kami berikan mengenai faktor penyebab kenapa telpon WA sering mati sendiri. Semoga dengan mengetahui faktor penyebab dan cara mengatasinya, dapat bermanfaat bagi pengguna WA agar tetap tenang ketika suatu saat mengalami permasalahan serupa.

Tinggalkan komentar