Cara Memulihkan File Yang Dihapus Sementara di Komputer

Memulihkan file yang dihapus sementara di komputer memang terkadang amat terasa penting. Terlebih jika pengguna ingin mengembalikan file atau dokumen penting miliknya yang sebelumnya terhapus. Karena mungkin saja file tersebut hilang atau terhapus secara tidak sengaja.

Selain mungkin berasal dari kelalaian pengguna, file yang hilang semacam ini juga bisa karena faktor virus perangkat. Virus ini bisa saja memasuki perangkat milikmu, apabila kamu sering kali download file tidak jelas dan juga mengunjungi website tertentu. Atau bisa jadi juga, beberapa aplikasi yang terpasang pada perangkat bukanlah versi original.

Pemakaian aplikasi abal-abal memunculkan potensi perangkat terkena serangan malware atau virus. Apabila perangkat sudah terkena virus, maka kemungkinan besar berdampak pada hilangnya beberapa file penting yang tersimpan. Meskipun demikian, kamu tak perlu khawatir untuk menghadapi permasalahan semacam ini.

Terdapat solusi ampuh yang bisa kamu terapkan untuk mengembalikan file penting terhapus menjadi kembali seperti semula. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa cara yang bisa mengembalikan file terhapus kembali seperti semula. Dari pada semakin penasaran, yuk simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Cara Memulihkan File Yang Dihapus Sementara di Komputer

Bagi sebagian kalangan, mungkin kehilangan file merupakan suatu permasalahan yang cukup meresahkan. Terlebih apabila file tersebut merupakan hal penting yang berkaitan dengan tugas sekolah, kuliah, ataupun pekerjaan kantor. Namun tak peru khawatir, pada kesempatan ini kami akan memberikan cara untuk memulihkan file yang dihapus sementara di komputer melalui beberapa metode.

Baca Juga:

1. Melalui Bantuan Recycle Bin

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan file terhapus adalah dengan bantuan Recycle Bin. Aplikasi ini biasanya sudah tersedia sejak pertama kali membeli perangkat komputer dan berada pada bagian depan atau desktop. Recycle Bin ini memang berfungsi sebagai tempat untuk menampung file-file yang baru saja terhapus atau mungkin bersifat sementara.

Penghapusan file sementara ini biasanya berlaku bagi pengguna yang menekan tombol delete pada keyboard. File yang terhapus sementara ini akan menuju ke bagian Recycle Bin dan bertahan selama kurang lebih 30 hari. Sehingga kamu masih dapat menemukan beberapa file yang terhapus melalui Recycle Bin.

2. Melalui Fitur Restore Previous Versions

Seperti yang kita tahu bahwa Recylce Bin akan menampung file terhapus hanya dalam kurun waktu 30 hari saja. Setelah melewati batas waktu tersebut, maka file yang terhapus sudah tidak dapat kamu temukan lagi melalui Ricycle Bin.

Namun tak perlu khawatir, kamu bisa mencari file-file yang hilang tadi menggunakan fitur Restore Previous Versions. Nah apabila kamu ingin coba memulihkan file yang dihapus sementara di komputer menggunakan fitur ini, maka bisa simak langkah mudahnya berikut.

  1. Pertama kamu bisa menekan tombol Start pada perangkat komputer ataupun PC.
  2. Kemudian pilihlah folder berisikan beberapa file yang sudah terhapus sebelumnya.
  3. Apabila folder sudah kamu temukan, maka langsung saja klik kanan pada bagian folder tersebut.
  4. Selanjutnya adalah dengan memilih Restore Previous Versions untuk dapat segera memulai proses pemulihan file.
  5. Nah kamu bisa melanjutkan prosesnya dengan cara memilih Open pada daftar file ataupun folder yang tersedia.
  6. Pilihlah tampilan yang bertuliskan “Restore” pada file ataupun folder yang sudah dipulihkan tadi.
  7. Selesai dan file yang semula sudah terhapus, kini bisa kamu buka kembali.

Baca Juga : Cara Membuat NGL Link di Instagram Dengan Mudah

3. Mengakses Command Prompt

Apabila kurang yakin memulihkan file menggunakan Recycle Bin dan Restore Previous Versions, mungkin kamu bisa coba dengan Command Prompt. Berikut ini kami berikan langkah untuk mengembalikan file terhapus menggunakan akses Command Prompt.

  1. Untuk mengakses Command Prompt, kamu bisa search melalui bar atau juga dengan menekan tombol Ctrl+F pada keyboard.
  2. Nantinya kamu cukup menuliskan “cmd” pada search bar dan klik kanan. Pilihlah pada menu tulisan “Run As Administrator”.
  3. Langkah berikutnya adalah dengan menuliskan chkdsk X: /f. Pada tulisan tersebut, kamu perlu mengganti huruf X menjadi nama dari drive tempat file yang dihapus tersimpan.
  4. Nah apabila sudah, maka berikutnya adalah menuliskan ATTRIB -H-R-S/S/DX:*.*. Sama seperti langkah sebelumnya, kamu perlu menggantikan huruf X menjadi nama dari drive tempat file yang dihapus tersimpan.
  5. Kamu hanya perlu menunggu beberapa saat hingga proses pemulihan file selesai dengan sempurna.

Perlu kamu ketahui bahwa selama proses pemulihan berlangsung, jangan sampai melakukan pemindahan penyimpanan, atau penghapusan file lain. Hal ini untuk menghindari terjadinya penimpaan berkas yang sedang kamu pulihkan menggunakan bantuan Command Prompt.

4. Untuk Windows 10 Bisa Memanfaatkan File History

Selain menggunakan beberapa cara tadi, kamu juga bisa coba memanfaatkan file history. Namun sebelum menggunakannya, perlu kamu tahu bahwa file history hanya bisa kamu pakai untuk pemulihan file bagi perangkat yang sudah Windows 10. Untuk mempermudah pemahaman terkait cara memanfaatkan file history, berikut ini kami berikan langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuka menu pengaturan, memilih Update & Security. Apabila sudah, maka bisa langsung saja klik Backup dan pilihlh Add a Drive.
  2. Nantinya akan muncul berupa daftar hard drive eksternal. Fungsi dari daftar hard drive eksternal ini adalah untuk menyimpan file yang ingin kamu backup.
  3. Jika kamu menginginkan proses backup berlangsung secara berkala, maka perlu memilih “Automatically Backup My Fles”. Dengan memilih tulisan tersebut, maka secara otomatis nantinya file milikmu akan terbackup secara berkala.
  4. Apabila suatu saat kamu ingin mengembalikan backup yang telah terbuat sebelumnya, maka cukup membuka menu search dan menuliskan file history.

Baca Juga : Cara Menggunakan Socialspy Whatsapp Untuk Menyadap WA

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan untuk kalian seputar cara memulihkan file yang dihapus sementara di komputer. Usahakan selalu tenang meskipun file yang kamu cari ternyata sudah terhapus. Karena pada dasarnya, masih ada solusi untuk bisa mengembalikan file milikmu tersebut melalui bantuan fitur yang ada di komputer.

Tinggalkan komentar