Mengenal Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

Reviewasik.com – Seperti yang kita tahu bahwa jaringan komputer memiliki peran penting sebagai penghubung antara dua komputer ataupun lebih. Untuk menghubungkan dua perangkat komputer atau lebih ini, tentu memiliki cara tersendiri, yang istilahnya adalah topologi jaringan. Terdapat macam-macam topologi jaringan yang terbagi berdasarakn kategori tertentu.

Istilah topologi jaringan ini beserta macam-macamnya akan menjadi familiar ketika sering berurusan dengan suatu hal IT, terlebih jaringan komputer. Penentuan untuk menggunakan suatu topologi jaringan perlu adanya penyesuaian terkait hal-hal penting yang mendasarinya, seperti budget, jaringan, tujuan, dan penggunanya.

Nah jika kamu penasaran dengan topologi jaringan komputer, admin sudah menyiapkan bahasan menarik seputar topik tersebut. Mulai dari pengertian topologi jaringan secara luas, fungsi, hingga kelebihan maupun kekurangan dari tiap jenis topologi yang ada.

Pengertian Dari Istilah Topologi Jaringan Komputer

Secara sederhana, topologi jaringan memiliki arti sebagai suatu cara atau penggunaan metode dalam menghubungkan antara dua komputer ataupun lebih. Menghubungkan antar komputer ini pastinya memiliki tujuan tertentu, yaitu agar dapat saling terkoneksi dan berbagi sumber daya dengan yang lainnya.

Sehingga dengan adanya topologi, pengguna perangkat akan mudah untuk saling berbagi sumber daya yang mereka miliki ke pengguna perangkat lain. Meskipun demikian, perlu kita ketahui bersama bahwa topologi jaringan memiliki fungsi utama dalam pemasangannya.

Baca Juga:

Fungsi utama pemasangan topologi ini adalah untuk mengamati bagaimana komputer dan host berinteraksi dengan yang lainnya melalui satu jaringan tertentu. Dalam proses penghubungan jaringan antar komputer ini, kita dapat menggunakannya dengan kabel ataupun juga tanpa kabel.

Terdapat berbagai cara yang bisa kamu terapkan untuk membentuk suatu topologi jaringan. Macam-macam topologi jaringan komputer ini pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum melakukan penghubungan dua komputer atau lebih, pastikan memperhatikan beberapa aspek penting yang mendasari, seperti budget dan tujuan.

Macam-macam Topologi Jaringan Komputer

Terdapat beberapa jenis topologi jaringan yang umumnya kita pakai sebagai sarana untuk mengetahui gerak data jaringan. Berikut ini admin berikan daftar topologi jaringan beserta penjelasannya.

  1. Topologi Bus

Merupakan topologi yang pertama kali muncul dan orang menggunakannya untuk menghubungkan antar komputer. Namun saat ini penggunaan topologi bus sudah mulai jarang dan sebagian orang beralih ke topologi jaringan lainnya.

Kekurangan dari pengunaan topologi ini adalah memungkinkan adanya tabrakan data jika salah satu komputer putus atau mengalami kerusakan. Namun, menggunakan topologi bus akan menghemat biaya pengeluaran dan juga kecepatan akses datanya mencapai 10Mbps.

  1. Topologi Ring

Hampir serupa dengan topologi bus, namun pada topologi ini data akan mengalir melalui loop tunggal. Ketika suatu node menerima pesan dari perangkat sebelumnya, maka node tersebut akan meneruskannya ke node berikutnya.

Data yang mengalir dri antar node tersebut nantinya akan searah dan berputar layaknya sebuah jarum jam. Seperti namanya, topologi ini tidak memiliki batasan atau akhir karena semua perangkat saling terhubung atau terkoneksi.

  1. Topologi Star

Merupakan salah satu topologi familiar dan terpopuler yang mana sebagian orang menggunakannya. Istilah untuk komputer pusat yang berguna untuk mengalirkan data ke perangkat lain adalah server. Sedangkan istilah klien, peneyebutan bagi komputer atau perangkat yang terhubung dengan server.

Kelebihan dari penggunaan topologi star ini adalah kecepatan data tinggi hingga mencapai 100Mbps. Kemudian jika ingin memperluas jaringan prosesnya mudah, karena bagi perangkat baru penambahan ke jaringan star ini terbuka.

  1. Topologi Mesh

Pada jaringan ini, setiap perangkat memiliki hubungan langsung dengan perangkat lainnya tanpa perantara. Hal ini dapat terjadi karena susunan pada setiap peralatan dalam jaringan saling terkoneksi satu sama lain.

Kelebihan dari adanya penggunaan topologi mesh ini adalah kapasitas suatu komunikasi lebih terjamin. Namun perlu kamu tahu juga bahwa topologi mesh membutuhkan biaya yang cukup tinggi dalam pemeliharaan jaringan. Oleh karenanya, pastikan terlebih dahulu dengan budget dan tujuannya sebelum melakukan pemasangan suatu topologi jaringan.

Demikian ulasan menarik seputar macam-macam topologi jaringan, pengertian topologi, dan juga kelebihan maupun kekurangan tiap jenis yang ada. Setidaknya perlu kamu ingat bahwa dalam memilih topologi jaringan perlu menyesuaikan beberapa aspek yang sudah kita bahas tadi.

Tinggalkan komentar