Daftar Perangkat Keras Jaringan Komputer Terlengkap

Reviewasik.com – Sekarang ini sebagian orang sudah banyak yang menggunakan komputer, namun belum mengetahui secara pasti apa itu perangkat keras jaringan komputer. Sejatinya jaringan komputer ini merupakan keterikatan antara dua perangkat atau lebih yang nantinya dapat saling terkoneksi dan berintaraksi.

Perangkat tersebut dapat saling terkoneksi berkat adanya jaringan melalui kabel dan juga tanpa kabel. Selain jaringan komputer, terdapat perangkat keras (hardware) dan lunak (software) yang dapat membantu menjadi media ataupun perantara.

Sebagian orang yang sering mengelola jaringan komputer atau hal terkait IT pastinya sudah tidak asing dengan beberapa nama hardware. Nah, pada pembahasan kali ini admin akan mencoba mengulas beberapa hardware yang menarik untuk kita ketahui bersama.

Mengenal Jenis Perangkat Keras Jaringan Komputer

Terdapat beragam perangkat keras atau hardware yang bisa kamu pakai untuk membuat jaringan komputer. Dengan adanya jaringan tersebut, nantinya dua perangkat atau lebih dapat saling terkoneksi dan memungkinkan untuk berinteraksi.

Oleh karenanya, kamu perlu mengenal beragam perangkat keras yang ada. Langsung saja simak penjelasan menarik seputar perangkat keras pada jaringan komputer berikut ini.

Baca Juga:

  1. Server

Yang pertama ini merupakan sistem komputer penyedia berbagai layanan bagi jaringan perangkat lainnya. Sehingga sebagian orang umumnya menyebut server adalah sebagai pelayan. Umumnya server membutuhkan perangkat keras yang memiliki spesifikasi mumpuni agar dapat bekerja secara maksimal.

Biasanya nih, processor minimal yang server butuhkan adalah Intel Xeon dengan jumlah core cukup banyak. Selain itu, setidaknya perangkat harus memiliki kapasitas RAM mumpuni yang berkisar 16GB.

  1. Client

Ketika ada pelayan, pastinya terdapat juga pihak yang menikmati pelayanan tersebut. Nah, client ini adalah fungsinya sebagai menerima pelayanan yang sudah server berikan sebelumnya. Client juga membantu melakukan pengolahan data terkait informasi yang sudah server berikan.

Namun, client memiliki sisi perbedaan terkait permintaan spesifikasi dari suatu perangkat. Jika server menentukan kriteria spesifikasi minimal, client tidaklah menuntut spesifikasi perangkat. Oleh karenanya, perangkat apapun dengan spesifikasi rendah juga dapat memanfaatkan client ini.

  1. Router

Merupakan perangkat keras jaringan yang fungsinya adalah untuk mengirimkan paket data informasi ke tujuan. Dalam melakukan pengiriman data informasi tersebut, tentu membutuhkan adanya sebuah jaringan. Proses pengiriman data melalui jaringan inilah yang sering orang menyebutnya dengan istilah routing.

Nah, dari proses pengiriman data tersebut sudah menjadi tugas utama router yang bekerja sebagai penghubung. Sehingga router berperan penting terhadap aktivitas jaringan komouter karena tugasnya adalah mengelolanya dengan sebaik mungkin.

  1. Hub

Perangkat keras jaringan komputer yang selanjutnya adalah Hub. Tugas utama dari Hub adalah menghubungkan berbagai perangkat melalui suatu jaringan dengan bantuan adanya kabel UTP.

Secara sederhana, Hub bekerja dengan cara menerima data dari perangkat dan kemudian mengirimkan data tersebut ke semua perangkat yang terhubung. Perlu kamu tahu bahwa Hub ini tidak dapat mendeteksi tujuan pengiriman data.

  1. Switch

Perangkat ini hampir memiliki fungsi yang sama dengan Hub, namun dalam versi lebih unggul. Bagaimana tidak, Switch mampu menjalankan tugasnya lebih efisien yaitu dalam hal pertukaran data, memproses, hingga mengirimkan data tersebut.

Secara tampilan, Switch memiliki perbedaan daripada Hub. Jumlah port yang terdapat pada Switch lebih banyak. Selain tugas utamanya sebagai penghubung perangkat jaringan, Switch berfungsi untuk pencatat MAC Adress dan mencegah agar tidak terjadi looping data.

  1. WLAN Card

Perangkat keras ini lebih sering orang mengenalnya dengan istilah Wifi adapter. Fungsi dari Wifi adapter ini adalah memberikan koneksi pada perangkat PC ataupun laptop tanpa perlu menggunakan bantuan kabel jaringan.

Biasanya Wifi adapter ini sudah otomatis terpasang menjadi satu atau include dengan motherboard perangkat. Dengan adanya Wifi adapter ini, perangkat bisa menerima ataupun berbagi jaringan ke perangkat lainnya.

  1. USB WiFi

Merupakan perangkat jaringan tambahan yang dapat berguna sebagai penerima atau pemberi jaringan internet. Umumnya orang menggunakan perangkat ini karena PC atau laptop tidak memiliki Wifi Card.

Sehingga dengan adanya USB Wifi, maka kamu akan dapat dengan mudah untuk menerima atau berbagi jaringan ke sesama perangkat lainnya. Tentunya perangkat ini optional, artinya menyesuaikan kebutuhan dan juga spesifikasi dari PC atau laptop milikmu.

Demikian tadi beberapa macam perangkat keras jaringan komputer beserta fungsi dan kegunaannya. Perlu kamu ingat bahwa menggunakan perangat jaringan tadi sesuai dengan kebutuhan saja. Jika PC atau laptop milikmu sudah memiliki spesifikasi yang sesuai kebutuhanmu, maka tidak perlu menggunakan tambahan perangkat lainnya.

Tinggalkan komentar