Topologi Jaringan Fiber Optik Paling Familiar

Apakah Anda sedang mencari informasi terkait dengan Topologi jaringan fiber optik yang paling sering digunakan? silahkan simak pembahasan ini sampai selesai.

Jaringan komputer memliliki fungsi sebagai penghubung dua perangkat atau lebih agar dapat saling terkoneksi dan berinteraksi. Dalam pemasangannya, terdapat beragam jenis topologi jaringan yang umumnya sebagian orang menggunakannya.

Topologi jaringan fiber optik ini merupakan sebuah cara, tahapan, atau metode untuk dapat menghubungkan antar dua perangkat komputer atau lebih. Sebelum melakukan pemasangan jaringan, pastikan terlebih dahulu menentukan pilihan tepat jenis topologi yang akan kamu pakai.

Kemudian jangan lupa juga untuk mengetahui jaringan yang tersedia pada tempat atau lokasi sekitarmu. Oleh karenanya, kita akan membahas bersama bagaimana cara mengetahui jaringan fiber optik yang mudah dan dapat kamu lakukan secara online.

Cara Mengetahui Ketersedian Jaringan Fiber Optik Sekitar

Sekarang ini pemegang jaringan fiber optik Indonesia masih menjadi milik provider Indihome. Jaringan fiber wilayah tanah air merupakan tanggunggjawab dari provider ternama ini. Meskipun demikian, provider tersebut ternyata belum mampu menjangkau jaringan fiber ke seluruh wilayah negeri.

Baca Juga:

Oleh karenanya, kamu perlu tahu apakah wilayah sekitar tempat tinggalmu sudah terjangkau jaringan ini atau belum. Untuk mengetahuinya, berikut simak beberapa cara mudah melakukan pengecekan ketersediaan jaringan fiber sekitarmu.

Melakukan Pengecekan Melalui Fibermap

Cara yang pertama ini sangat mudah untuk kamulakukan dan cukup simpel. Bagaimana tidak, untuk melakukan pengecekan kamu hanya perlu menggunakan ponsel milikmu saja. Tentunya, pastikan terlebih dahulu ponsel milikmu itu sudah terhubung dengan koneksi internet.

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka browser melalui ponsel.
  • Kemudian jika sudah, pada kolom pencarian tuliskan url “fibermap.indihome.co.id”.
  • Nantinya akan muncul tampilan menu khusus yang bertuliskan “Periksa serat di lokasi Anda”.
  • Pada kolom yang tersedia, kamu perlu memasukkan lokasimu lengkap mulai dari provinsi, kota, kecamatan, hingga kode pos.
  • Setelah selesai mengisi informasi lokasi tersebut, klik pada bagian tombol kirim.
  • Akan muncul tampilan apakah lokasi sekitarmu sudah terdapat topologi jaringan fiber optik dari Indihome atau belum.

Call Center Indihome

Jika ingin menggunakan cara ini, pastikan terlebih dahulu apakah saldo pulsamu mencukupi atau tidak. Pasalnya, layanan call center membutuhkan biaya lokal yang tentu pelanggan harus memiliki ketersediaan pulsa. Kamu bisa menghubungi call center Indihome ke nomor layanan 147.

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengetik nomor 147 pada menu panggilan telepon.
  • Setelah terhubung dengan pihak call center Indihome, maka sampaikanlah tujuan dan maksudmu melakukan layanan panggilan tersebut.
  • Ketika menyampaikan tujuan untuk mengecek ketersediaan jaringan fiber, pastikan alamat rumah yang kamu sampaikan sudah lengkap dan benar.
  • Tunggulah hingga petugas memberikan informasi apakah wilayahmu sudah tersedia jaringan fiber atau belum.

Macam-Macam Topologi Jaringan Fiber Opik Terpopuler

Terdapat beragam jenis topologi jaringan yang biasa digunakan oleh orang dalam menghubungkan perangkat komputer. Namun, pada pembahasan kali ini reviewasik.com akan membahas seputar topologi jaringan yang paling umum dan populer.

1. Topologi Bus

Merupakan jenis topologi tertua dan sangat familiar untuk mengubungkan dua perangka komputer atau lebih. Pada jenis ini, kamu membutuhkan kabel panjang dengan beberapa terminal untuk dapat menghubungkan perangkat.

Namun, penggunaan topologi ini semakin jarang karena memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah kemungkinan terjadi benturn aliran data yang menyebabkan jaringan tidak bekerja secara maksimal dan mengalami kerusakan.

2. Topologi Star

Sesuai dengan namana, bentuk atau struktur topologi ini menyerupai suatu bintang. Jenis ini juga salah satu yang familiar dan sering orang menggunakannya untuk membuat suatu jaringan komputer.

Star memiliki struktur yang mana terdapat inti atau poros tengah sebagai layaknya server. Inti atau poros tengah ini nantinya yang akan saling terhubung dengan simpul lainnya.

3. Topologi Ring

Umumnya jenis topologi ini penggunaannya pada jaringan yang memiliki performa cukup tinggi. Setiap titik nantinya akan bekerja sama untuk menerima sinyal pada setiap transfer atau peredarannya.

Jadi setiap perangkat akan saling menghubungkan atau memberikan data ke perangkat berikutnya dari adanya sinyal tersebut. Untuk meneruskan sinyal data inilah, kamu membutuhkan adanya bantuan token.

Penutup

Nah itulah jenis-jenis topologi jaringan fiber optik yang paling umum orang gunakan dan juga cara mengetahui ketersediaan jaringan fiber wilayah sekitar. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya yang ingin membuat suatu jaringan komputer. Pastikan lagi dalam membuat jaringan menyesuaikan dengan budget, tujuan, dan aspek lainnya.

Tinggalkan komentar