Arti Dari Wakafa Billahi Syahida Surat Al Fath Ayat 28

Arti dari Wakafa Billahi Syahida merupakan salah satu potongan ayat yang terdapat pada Al Qur’an. Potongan ayat ini merupakan bagian dari Surat Al Fath, lebih tepatnya adalah ayat 28. Apabila kalian penasaran dengan lengkapnya ayat ini beserta artinya, maka simak pembahasan yang akan kami berikan berikut ini.

“Huwallazii arsala rasulahu bil-hudaa wa diinil-haqqi liyuz-hirahu alad-diini kullih, wa kaffa billaahi syahiidaa”. Itulah merupakan kelengkapan Surat Al Fath ayat 28 yang sekarang ini warganet sedang banyak mencarinya. Sebagai informasi tambahan, Surat Al Fath termasuk dalam kategori Surat Madaniyah karena turun di Madinah.

Surat ini turun ketika setelah berakhirnya peristiwa hijrah kepada Rasulullah SAW. Al Fath ini merupakan surat ke 48 dalam Al Qur’an yang secara keseluruhan terdiri dari 29 ayat. Mungkin masih banyak yang belum sering mendengarkan surat Al Fath ketika sedang melaksanakan sholat berjamaah.

Arti Dari Wakafa Billahi Syahida

Secara bahasa arab, Al Fath memiliki arti kata “kemenangan” yang mana menggambarkan kemenangan akhir dari kaum Muslim. Bahkan sejak ayat pertama Surat Al Fath, sudah menunjukkan bahasan terkait kemenangan yang kaum Muslim dapatkan.

Kemenangan yang termaksud dalam surat ini adalah dalam rangka jihad, keimanan, dan ketulusan hati. Surat ini juga menerangkan bahwa akan termaafkan segala dosa maupun kesalahan dari para pejuang. Selain itu, Surat Al Fath menjelaskan bahwa adanya peringatan dari Allah kepada golongan tertentu.

Baca Juga:

Golongan yang terdapat pada maksud tersebut yaitu orang kafir dan juga kaum Muslim yang bermalas-malasan. Ayat pertama dari Surat Al Fath sudah menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW merasakan suasana gembira ketika turunnya Surat ini. Nabi Muhammad SAW kemudian bersabda “Sesungguhnya telah diturunkan kepadaku satu surat, yang mana surat tersebut benar-benar kucintai dari seluruh apa yang disinari matahari”.

Setelah mengetahui arti dari ayat pertama Surat Al Fath, tentunya kamu juga harus tahu arti dari wakafa billahi syahida. Potongan ayat ini merupakan ayat ke 28 pada Surat Al Fath yang sekarang sedang banyak orang mencari tahu terkait artinya.

Tulisan Arab Wakafa Billahi Syahida Beserta Terjemahannya

Mungkin sebagian dari kalian masih belum terlalu familiar dengan Surat Al Fath. Memang tidak terlalu sering kita mendengarkan surat ini pada saat sedang sholat berjamaah. Jumlah ayat yang cukup panjang, mungkin menjadi salah satu faktor penyebab jarangnya imam sholat menggunakan surat ini.

Meskipun demikian, ternyata banyak orang yang ingin mengetahui lebih detail terkait bacaan dan terjemahan dari Surat Al Fath. Salah satunya yang sedang ramai menjadi bahasan warganet adalah Wakafa Billahi Syahida. Potongan ayat ini merupakan bagian dari ayat ke 28 dari Surat Al Fath.

Untuk mengetahui lebih detailnya, berikut kami berikan tampilan tulisan arab beserta terjemahan dari ayat tersebut.

وَكَفَىٰ بِٱللَّهِ شَهِيدًا

Artinya: “Dan cukuplah Allah sebagai saksi”.

Ayat lengkapnya adalah “Huwallazii arsala rasulahu bil-hudaa wa diinil-haqqi liyuz-hirahu alad-diini kullih, wa kaffa billaahi syahiidaa”. Arti lengkap dari ayat tersebut yaitu Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang hak agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama. dan cukuplah Allah sebagai saksi.

Akhir Kata

Itulah ayat ke 28 Surat Al Fath dan arti dari wakafa billahi syahida. Semoga dengan informasi terkait terjemahan ayat Surat Al Fath mampu membuat kita semua selalu istiqomah melakukan kebaikan.

Kalian bisa mendapatkan informasi lainnya yang menarik dan pastinya viral dengan mengunjungi website kami. Seperti misalnya salah satu topik yang sedang viral banget adalah kapal tanpa tiang tanpa jendela isinya neraka.

Sejatinya, membaca surat dalam Al-Qur’an akan menambah keberkahan bagi pembaca. Membaca dan memaknai kandungan dalam ayat Al-Qur’an mampu melatih seseorang untuk melakukan hal yang bersifat kebajikan. Selain itu, rutinitas yang kamu lakukan dengan membaca ayat suci pastinya akan mendapat ganjaran berupa pahala berlimpah dari Allah SWT.

Salah satunya adalah dengan membaca potongan Surat Al Fath, yaitu wakafa billahi syahida. Jika kita pahami bersama, arti dari potongan ayat ini adalah menjelaskan tentang Allah SWT menjadi saksi. Secara lengkap arti dari ayat tersebut adalah Allah yang mengutus Rasul-Nya untuk membawa petunjuk dan agama yang hak agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama.

Tinggalkan komentar