Wajib Tahu, Ini Cara Daftar PIP Kemdikbud go id 2022!

Reviewasik.com – Terdapat berbagai macam bentuk bantuan dana atau beasiswa untuk pelajar, mulai dari SD hingga SMA. Salah satu bantuan dana itu bisa kamu dapatkan melalui PIP (Program Indonesia Pintar) Kemdikbud. Untuk mendapatkan bantuan dana PIP, tentu calon peserta harus mengetahui terlebih dahulu cara daftar PIP Kemdikbud go id 2022.

Jika sudah melakukan pendaftaran, nantinya kamu hanya perlu menunggu verifikasi agar dana tersebut segera cair melalui rekening. Setiap tingkatan pendidikan, pelajar akan mendapatkan jumlah bantuan dana yang berbeda-beda dari program besutan Kemdikbud ini.

Pada tingkat pendidikan SD, pelajar nantinya akan mendapatkan bantuan dana pendidikan sebesar 450 ribu rupiah per tahun. Kemudian bagi para pelajar tingkat SMP, Kemdikbud memberikan bantuan PIP ke rekening masing-masing dengan nominal 750 ribu rupiah per tahun.

Sedangkan bantuan dana PIP tertinggi akan mereka rasakan bagi yang sudah menduduki bangku pendidikan tingkat SMA sederajat. Nantinya, para pelajar SMA sederajat yang sudah terdaftar program PIP mendapatkan bantuan dana pendidikan sebesar 1 juta rupiah per tahunnya.

Kriteria Penerima Bantuan Dana PIP Kemdikbud

Meskipun Kemdikbud membagikan bantuan dana PIP untuk meringankan beban pelajar Indonesia, namun tidak secara otomatis semua pelajar mendapatkannya. Kemdikbud selaku lembaga yang berwenang dalam hal pendidikan, hanya memberikan jatah kuota sebesar 7,7 juta pelajar saja pada tahun 2022.

Baca Juga:

Mengutip dari berbagai sumber, terdapat kriteria tertentu jika kamu ingin menjadi bagian dari slot kuota PIP yang tersedia. Sejatinya, kriteria yang Kemdikbud tentukan tidaklah menyusahkan para pelajar dan tidak mengganggu proses belajar hanya untuk sekedar mempersiapkan PIP saja.

Ketentuan yang paling utama adalah mengamati batasan usia calon penerima PIP. Bagi pelajar dari tingkatan sekolah dasar maka minimal berusia enam tahun. Sedangkan tingkatan pendidikan SMA, calon penerima PIP maksimal berusia 21 tahun saat proses pendaftaran berlangsung.

Selain memperhatikan usia calon pendaftar, Kemdikbud juga akan memberikan bantuan dana PIP bagi para pelajar yang memiliki Kartu Indonesia Pintar. Jika kedua ketentuan tersebut sudah sesuai denganmu, maka kemungkinan besar atau bahkan secara otomatis kamu bisa mendapatkan dana pendidikan PIP.

Nah apabila kamu masuk kedalam dua kategori tersebut, maka sebaiknya segera melakukan pendaftaran PIP. Namun jika kamu tidak masuk pada salah satu kriteria atau bahkan keduanya, mungkin sebaiknya mencoba daftar tahun berikutnya.

Karena secara otomatis peserta yang lolos harus sesuai dengan kriteria tersebut. Jadi kalau memang kamu layak dan sesuai kriteria, tak ada salahnya untuk segera melakukan pendaftaran PIP.

Bagi yang belum tahu bagaimana cara daftar PIP Kemdikbud go id 2022, tetap tenang dan tak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai proses atau cara melakukan pendaftaran PIP Kemdikbud 2022.

Cara Daftar PIP Kemdikbud go id 2022 Dengan Mudah

Setelah mengetahui persyaratan dan ketentuan dari Kemdikbud terkait penerima PIP, maka kamu perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Tanpa mendaftarkan namamu, bagaimana bisa Kemdikbud akan memberikan dana tersebut ke rekening milikmu atau wali penanggung jawab.

Oleh karenanya, penting banget rasanya untuk mengetahui cara daftar PIP Kemdikbud go id 2022. Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak tahap demi tahap proses pendaftaran PIP Kemdikbud berikut ini.

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka situs resmi PIP Kemdikbud, yaitu pip.kemdikbud.go.id.
  2. Setelah laman berhasil terbuka, nantinya akan muncul tampilan kolom “Cara Penerima PIP” yang terdapat pada layar gadgetmu. Pada menu tersebut, langsung saja klik agar segera bisa melakukan pengisian terkait informasi data pribadi.
  3. Nah jika sudah masuk pada menu pengisian informasi data tersebut, maka kamu perlu mengisikan semua data dengan benar. Pastikan dan cek kembali terkait penulisan NISN, tanggal, bulan, tahun lahir, dan nama orang tua terisi dengan benar.
  4. Apabila kamu sudah mengisikan data tersebut dengan benar, langsung saja klik tombol “Cari” yang tersedia.
  5. Setelah mengklik tombol “Cari”, nantinya situs PIP Kemdikbud ini akan menampilkan informasi pemberitahuan apakah namamu terdaftar sebagai penerima atau tidak.

Perlu kamu ketahui, terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan dalam pencairan dana PIP apabila memang namamu berstatus sebagai penerima. Kamu bisa mencairkan dana tersebut secara mandiri dengan mendatangi langsung bank yang bekerja sama dengan program PIP ini.

Nah, ada juga cara kolektif yang nantinya pihak sekolah atau dinas pendidikan membantu mencairkan dana secara kolektif. Sehingga dengan bantuan pihak sekolah atau dinas pendidikan, kamu hanya tinggal menunggu uang tersebut tanpa harus datang langsung ke bank.

Sebagai penerima PIP, kamu bebas menentukan pilihan dari dua cara pengambilan dana tersebut. Ingin langsung datang ke bank secara mandiri atau menunggu bantuan pencairan dana dari pihak sekolah. Pastinya, kedua cara pencairan dana tersebut tidak akan menganggu para pelajar dalam menjalani kewajiban utamanya, yaitu belajar.

Dengan adanya informasi terkait cara daftar PIP Kemdikbud go id 2022, semoga dapat membantu memberikan kemudahan bagi para pejuang beasiswa. Program ini setidaknya mampu meringankan beban dana pendidikan yang hampir sebagian pelajar Indonesia rasakan.  

Keuntungan Tahu Cara Daftar PIP Kemdikbud 2022

Mungkin sebagai seorang pelajar memang kewajiban utamanya adalah belajar dan terus meningkatkan prestasi akademik. Dengan belajar, kamu akan menjadi seseorang yang berwawasan luas serta berpotensi untuk meraih masa depan cemerlang.

Namun ketika terdapat suatu permasalahan tertentu khususnya terkait hal finansial, kemungkinan prestasi belajar akan ikut menurun. Hal ini karena sejatinya pelajar juga membutuhkan dorongan berupa doa, support, serta finansial yang baik dalam menjalani kegiatan belajar.

Nah dengan mengetahui cara daftar PIP Kemdikbud go id 2022 setidaknya kamu berupaya meringankan beban biaya pendidikan yang ditanggung oleh orang tua atau wali. Nantinya bagi pelajar yang namanya terdaftar pada program PIP Kemdikbud berkesempatan mendapat sejumlah bantuan dana per tahun.

Ini merupakan salah satu kesempatan emas bagi seluruh pelajar Indonesia dalam meringankan beban biaya pendidikan. Meskipun tidak mencakup tanggungan secara keseluruhan, setidaknya bantuan dari Kemdikbud mampu memberi keringanan pelajar maupun wali dalam membayarkan tagihan biaya sekolah.

Bahkan nantinya kamu juga bisa mencari bantuan dari pihak luar, seperti misalnya beasiswa berprestasi ataupun ragam beasiswa lainnya. Kini sudah tersedia banyak sekali program beasiswa yang mana mampu memberikan kesempatan bagi para pelajar Indonesia agar meraih prestasi maksimal tanpa khawatir biaya pendidikan.

Akhir Kata

Nah itulah tadi informasi yang dapat kami berikan kepada para pembaca tentang bagaimana cara daftar PIP Kemdikbud go id 2022. Semoga informasi yang kami berikan di atas dapat bermanfaat bagi pelajar Indonesia untuk meringankan beban biaya pendidikan.

Dengan adanya program PIP Kemdikbud, diharapkan pelajar Indonesia mampu meningkatkan kualitas belajar serta prestasi akademik. Program bantuan ini juga menjadi upaya pemerintah melalui Kemdikbud dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya dalam bidang pendidikan.

Tinggalkan komentar