Shadow Ban Twitter? Ini Penjelasan Lengkap & Cara Mengatasinya

Mungkin pengguna Twitter beberapa waktu belakangan merasa bingung dan penasaran terkait penghapusan konten tertentu. Banyak beberap dari mereka bahkan mempertanyakan terkait apa itu Shadow Ban Twitter dan fungsinya dalam mengakses media sosial tersebut.

Secara sederhana, Twitter sebagai salah satu media sosial populer tentu akan memberikan kenyamanan terbaik bagi penggunanya. Upaya yang mereka lakukan untuk mewujudkan kenyamanan tersebut seperti misalnya melindungi pengguna dari konten berbahaya.

Konten yang menampilkan pelanggaran, tidak sesuai, atau tak layak ditonton pastinya akan hilang karena Twitter menghapusnya. Dalam melakukan pelanggaran berat, tentu nantinya bakal menanggung resiko atau konsekuensi tersendiri.

Twitter menertibkan pengguna aplikasi yang mengunggah konten berbahaya dengan cara menerapkan shadow ban. Namun pengguna aplikasi Twitter tidak bisa mengetahui apakah akun miliknya terkena shadow ban atau tidak.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai shadow ban dan bagaimana cara menghindarinya. Hal ini tentu menjadi sangat penting untuk kamu pahami, apalagi bagi beberapa kalangan yang memang senang bermain Twitter.

Baca Juga:

Mengenal Apa Itu Shadow Ban Twitter?

Kamu mungkin sudah sering mengakses aplikasi media sosial yang satu ini karena memang terbilang cukup menyenangkan dan seru. Namun pada beberapa kasus tertentu, apakah kamu sudah mengetahui tentang adanya Shadow Ban Twitter.

Nah pada dasarnya, masih terdapat beberapa kalangan yang belum mengetahui secara pasti tentang kebijakan dari Twitter tersebut. Padahal shadow ban menjadi salah satu hal yang wajib banget semua pengguna aplikasi pahami untuk terhindar dari pemblokiran permanen.

Jadi shadow ban merupakan salah satu upaya Twitter dalam melakukan pembatasan dari hal visibilitas akun maupun konten. Pembatasan semacam ini tentunya bersifat rahasia dan pengguna tidak dapat mengetahuinya secara pasti apakah akun miliknya terkena juga.

Hal ini karena seseorang masih bisa mengakses akun miliknya dan menjalani kegiatan normal seperti biasanya. Pengguna aplikasi bisa tetap melakukan cuitan atau tweet, merangkai sebuah utas, membalas reply, atau posting foto dan video.

Meskipun tampak berjalan normal seperti biasanya, namun aktivitas yang mereka lakukan tidak akan terlihat oleh pengguna lain. Visibilitas serta pendistribusian konten miliknya tidak akan muncul pada beranda milik pengguna lain, termasuk juga ketika kamu cari dalam fitur kolom pencarian yang tersedia.

Nah solusi yang bisa kamu terapkan untuk memahami apakah akun milikmu masih sehat atau terkena shadow ban adalah dengan mengeceknya secara mandiri. Apabila memang sudah jarang sekali mendapatkan reply atau komentar dari pengguna lain, sebaiknya kamu wajib memerika kesehatan akun milikmu.

Cara Melakukan Pengecekan Shadow Ban Akun

Terdapat dua cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk memastikan apakah akun milikmu terkena pembatasan visibilitas atau tidak. Kedua cara yang dapat kamu lakukan untuk mengeceknya adalah dengan memanfaatkan kolom pencarian dan juga layanan pihak ketiga.

Nah bagi kamu yang belum mengetahui bagaimana cara mengecek apakah terkena pembatasan melalui du acara tersebut, tentunya tak perlu khawatir. Kamu bisa mengikuti langkah yang kami berikan berikut ini untuk mempermudah proses pengecekan akun Twitter.

Melalui Kolom Pencarian

Cara pertama yang terbilang cukup mudah dan simpel untuk cek akun adalah dengan memanfaatkan fitur kolom pencarian. Nantinya fitur ini tidak hanya saja bisa melihat cara mengetahui yang tidak follback Twitter, namun juga berfungsi untuk cek shadow ban.

  1. Awal mula kamu perlu membuka browser dan mengaktifkan mode incognito.
    Setelah itu pengguna dapat melakukan kunjungan halaman melalui fitur kolom pencarian yang tersedia pada aplikasi.
  2. Nah ketika sudah sampai pada fitur pencarian, masukkan kata kunci berupa “from:username”. Pastikan kamu memasukkan kata kunci tersebut tanpa menggunakan tanda petik dan mengganti username sesuai dengan nama akun Twitter milikmu.
  3. Klik tombol Enter untuk segera melakukan pengecekan terkait pembatasan visibilitas pada akun milikmu.

Cobalah untuk beralih ke satu menu menuju menu yang lainnya, yaitu Populer, Terbaru, Orang Foto, dan Video. Apabila akun milikmu tidak muncul pada halaman tersebut, kemungkinan besar mengalami pembatasan visibilitas yang mana memiliki istilah shadow ban.

Melalui Layanan Pihak Ketiga Shadowban.eu

Selain menggunakan fitur kolom pencarian, kamu bisa cek akun terkena pembatasan visibilitas atau tidak dengan memanfaatkan layanan pihak ketiga. Salah satu layanan terbaik yang bisa kamu manfaatkan untuk cek akun adalah dengan Shadowban.eu.

Penggunaan layanan pihak ketiga ini mungkin sudah banyak orang lakukan untuk cek visibilitas akun. Namun sebelum mulai menggunakannya, pastikan terlebih dahulu bahwa akun Twitter milikmu bersifat umum atau tidak privat.

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuka gembok apabila akun memang bersifat privat.
  2. Kemudian kunjungi halaman https://shadowban.eu/ melalui browser pada perangkat.
  3. Nantinya akan tersedia kolom khusus, yang mana kamu dapat memasukkan username akun.
  4. Jika username sudah sesuai, maka klik pada bagian menu Check untuk segera memulai proses pengecekan visibilitas akun.
  5. Selesai dan kamu bisa mengetahui apakah akun tersebut aman dari pembatasan atau memang mengalami shadow ban.

Layanan pihak ketiga yang satu ini nantinya akan menampilkan jenis pelanggaran secara detail mengapa akun mengalami pembatasan visibilitas. Dengan demikian, pengguna tidak akan bertanya-tanya lagi mengapa akun miliknya sepi engangement karena memang mengalami pelanggaran tertentu.

Tips Untuk Menghindari Terkena Shadow Ban Twitter

Memang sampai sekarang belum ada cara khusus yang bisa mengembalikan akun terkena shadow ban menjadi normal kembali. Hal ini karena memang sudah menjadi kebijakan dari Twitter, yang mana harus dipatuhi oleh seluruh pengguna aplikasi.

Bagi siapa saja yang melakukan pelanggaran berat atau kategori tertentu sesuai dengan kebijakan aplikasi, maka akan terkena pembatasan visibilitas. Nah jika akun milikmu sudah terkena pembatasan semacam ini, mungkin sebaiknya untuk membuat Twitter baru.

Namun, terdapat tips penting yang bisa kamu cermati jika memang tidak ingin terkena pembatasan dari Twitter. Kami akan memberikan informasi penting mengenai cara untuk menghindari agar akun tidak terkena shadow ban berikut ini.

Kamu harus menghapus semua konten yang mungkin terbilang melanggar ketentuan Twitter. Pastikan akun milikmu sudah terbebas atau bersih dari konten-konten yang melanggar ketentuan.

Melakukan pembatasan akun dalam kurun waktu tertentu. Akan lebih baik lagi jika kamu tidak menggunakan akun tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pastikan kamu melakukan pengecekan terkait shadow ban secara berkala. Hal ini karena durasi atau lama waktu dari pembatasan visibilitas memiliki perbedaan dari masing-masing akun yang melanggar ketentuan.

Akhir Kata

Twitter memang bukan menjadi media sosial pertama yang menerapkan pembatasan visibilitas semacam ini. Namun Shadow Ban Twitter menjadi salah satu yang paling sulit tertebak, karena pengguna tidak akan mengetahuinyaa secara pasti.

Oleh karenanya, informasi yang kami berikan tadi semoga bermanfaat bagi semua kalangan dalam mengakses aplikasi Twitter. Pastikan lagi bahwa akun milikmu posting, tweet, atau melakukan aktivitas yang tidak melanggar ketentuan dan kebijakan dari pihak Twitter.

Tinggalkan komentar